"verba volant scripta manent"

Home Top Ad

appakabattu.com , Sinoa. Karang Taruna Takkang Bassia, Desa Bonto Maccini, Kec. Sinoa, Kab. Bantaeng kembali unjuk aksi dengan menyel...

Karang Taruna Takkang Bassia: Kemah Lingkungan Dalam Mewujudkan Pemuda Militan



appakabattu.com , Sinoa. Karang Taruna Takkang Bassia, Desa Bonto Maccini, Kec. Sinoa, Kab. Bantaeng kembali unjuk aksi dengan menyelenggarakan kegiatan Kemah Lingkungan dengan tema : Ayo! lestarikan lingkungan dan budaya kearifan local. Kegiatan tersebut di laksanakan di Lapangan Sepakbola Dusun Parampangi, dan akan berlangsung selama tiga hari yaitu dari tanggal 14-16 Desember 2018.

Ketua panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya di ikuti oleh lebih dari sepuluh Karang Taruna Desa se.Kab Bantaeng, namun turut juga komunitas-komunitas pencinta alam serta ada dua Karang Taruna dari kabupaten tetangga yakni kab. Jeneponto.

Selain itu, Ketua Umum Karang Taruna Takkang Bassia Abd. Malik Hamid. S. Pdi pada sambutannya di pembukaan menyampaikan banyak hal, dan yang perlu di garis bawahi adalah kegiatan ini merupakan ajang temu diskusi antar sesama lembaga maupun komunitas guna perubahan yang berkemajuan di desa masing-masing.

"Jadi kemah lingkungan ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi sekaligus diskusi tentang kepekaan pemuda terhadap lingkungan dalam mneciptakan perubahan di desa" ujar Kanda Malik yang akrab di sapa Pak Ketua.

Pada sesi wawancara dari appakabattu.com dengan Pak Ketua, beliau menyampaikan bahwa pemateri-pemateri yang di hadirkan adalah yang memang matang secara konsep dan nampak dalam gerakan. (14/12/18)

Sebut saja Kakanda Kurniawan dari lembaga BALANG yang akan membahas tentang pentingnya menjaga dan melestarikan hutan sebagai paru-paru bumi demi keseimbangan ekosistem. Dari lembaga OASE yaitu Kakanda Ahmad Pasallo akan dalam materinya akan membahas tentang cara merawat ketersediaan air sebagai pusar utama keberlangsungan kehidupan.

Sementara dari pihak Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bantaeng, mereka akan membahas tentang hakekat lingkungan hidup dan strategi yang tepat dalam mengatasi kesenjangan yang terjadi. Terkhusus dari Karang Taruna Kab. Bantaeng, akan hadir Kakanda Umar Sose dalam materinya akan membahas tentang peran pemuda karang taruna dalam mengawal pembangunan di desa.


Selain materi dan diskusi, kegiatan lainnya adalah bakti sosial dengan membersihkan lingkungan setempat serta mengkampanyekan kepada masyarakat akan penting menjaga dan merawat lingkungan. Kegiatan berikutnya adalah mengunjungi lokasi wisata Air terjun Turungan Tangkulu sekaligus memperkenalkan lokasi tersebut kepada peserta Kemah Lingkungan.

Hadir juga Bapak Baharuddin (Ketua BPD Desa Bt. Maccini) selaku perwakilan birokrasi desa sekaligus memberi sambutan sekaligus apresisasi atas terselenggaranya kemah lingkungan ini.

"Sangat menarik atas suguhan kegiatan yang di laksanakan oleh pemuda karang taruna takkang bassia, tetap semangat dan tetap menginspirasi, saya berharap di tahun-tahun berikutnya karang taruna takkang bassia kembali lagi menjadi tuan rumah pada level provinsi" imbuh Pak Ketua Bpd.

Sekretaris Umum Karang Taruna Kab. Bantaeng Kakanda Ahmad Yani pada sambutannya menyampaikan banyak hal sekaligus membuka acara atau kegiatan secara resmi. Beliau menyampaikan bahwa Kemah Lingkungan ini merupakan kegiatan inovatif dan saya berharap bisa di jadikan lombah di tahun-tahun selanjutnya.

“Saya merasa terkesima dengan kegiatan ini, Karang Taruna Takkang Bassia Sinoa selalu terampil dalam menyajikan kegiatan-kegiatan yang menumbuhkan semangat. Saya berharap tahun berikutnya kegiatan seperti ini bisa di lombakan” Tutup Kanda Ahmad Yani sekaligus membuka acara secara simbolis. (*SB)

0 coment�rios:

Terima kasih telah berkunjung

View Post

PERTAMA DI SUL-SEL: PUSKESMAS SINOA BERINOVASI MEMBENTUK FMPP DAN SASKIA

Pertemuan antara Pengurus Forum Masyarakat Peduli Puskesmas dengan Camat Sinoa dan Kepala Puskesmas Sinoa yang bertempat di Puskesmas Sin...